Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kucing Ragdoll yang Ramah Bersahabat

 Ada yang seperti saya, ingin memelihara Kucing Ragdoll? Melihat beberapa kawan yang memilikinya seperti asyik banget kalau bisa memilikinya. Kita bisa memangku dan memeluknya. Katanya sih kayak kita memeluk bantal yang lembut dan lentur. Ada yang sudah tahu jenis kucing ragdoll, ada yang jual, berapa harga ragdoll? Yuk kita sama-sama belajar. 


Kucing Ragdoll adalah jenis kucing yang sangat menarik. Menjadi salah satu ras kucing terbesar di dunia, ukurannya bisa jadi bisa menakutkan. Namun sebenarnya kucing ini ramah lho. Suka banget berkeliaran di sekitar kita dan juga hewan peliharaan lain di rumah.

Kalau kebanyakan kucing besar tidak suka dipeluk, maka berbeda sekali dengan Ragdoll. Kucing ini suka banget tinggal di dekat kita. Bahkan betah berada di pangkuan kita. Harga kucing ragdoll umur 3 bulan sekitar 1,5 juta hingga 3 juta

Kalau kucing lain akan berusaha melepaskan diri saat dirangkul, Ragdoll justru membiarkan dirinya dirangkul dan dipeluk. Lucu kan?

Karakteristik Kucing Ragdoll

Kemampuan beradaptasi: Tinggi
Perawatan: Perawatan Rendah
Kesehatan: Bagus
Keramahtamahan: Sangat Bagus. Bisa rukun dengan semua orang
Kebutuhan Latihan: Sedang

Ukuran: Besar
Berat Kucing Jantan: 7-9 Kg
Betina: 4-7 kg
Usia: 12 – 17 tahun

Kucing Ragdoll adalah salah satu ras yang paling diinginkan dan populer saat ini. Banyak yang menyukainya. Bukan hanya karena ukurannya namun juga karena kepribadian dan temperamennya.

Meskipun ukurannya bisa menakutkan, Ragdoll adalah raksasa lembut. Suka berinteraksi dan suka meringkuk menemani kita menonton televisi.

Ragdoll menjadi populer karena kepribadiannya yang penuh cinta dan santai. Ditambah dengan karakteristiknya yang seperti boneka unik. Selain temperamennya yang dingin, Ragdoll ideal untuk dipelihara dalam keluarga dengan anak-anak dan hewan lain.

Mereka dikenal memiliki ikatan dengan anjing serta ramah dengan kucing lainnya.

Tidak berhenti sampai disitu, Ragdoll juga sangat cerdas. Melalui penguatan positif, kucing ini bisa mempelajari trik apa pun yang kita ajarkan.

Suka bermain, mengambil sesuatu, dan berjalan-jalan dengan tali. Dibandingkan dengan ukuran tubuhnya yang besar, mereka bisa dibilang anjing yang berbulu halus dan fleksibel.

Fakta Mengenai Ragdoll

Usianya cukup panjang. Ragdoll yang paling lama hidup bernama Rags. Ia hidup sampai berusia 19,5 tahun.
Mitos yang berkembang mengatakan bahwa Ragdolls tahan terhadap rasa sakit. Ini tidak benar. Meskipun tubuh mereka lentur, mereka tetap merasakan sakit dan bisa tidak nyaman juga.

  • Ragdolls senang berada di dekat manusia. Mereka akan mengikuti kita, bermain ambil barang. Bahkan akan berjalan saat ditali seperti anjing.
  • Ragdoll adalah jenis kucing terpopuler kedua setelah kucing Bengal.
  • Anak kucing Ragdoll bewarna putih saat lahir. Akan mengembangkan polanya setelah berumur 10 hari.
  • Kucing ini termasuk lambat berkembang. Biasanya mencapai puncaknya di usia sekitar 4 tahun.
  • Mereka juga lambat dalam mengembangkan warna dan panjang bulu mereka. Butuh waktu sekitar 2-3 tahun untuk berkembang sepenuhnya.
  • Mereka bukan pendaki. Suka duduk di anak tangga atau ketinggian di atas tempat duduk.
  • Ada 4 pola Ragdoll: dua warna, van, mitted, dan colorpoint.
  • Ada 6 warna Ragdoll: biru, ungu, merah, krem, abu-abu, dan cokelat.
  • Kalau kita memegangnya, Ragdoll akan ambruk di lengan kita.
  • Di luar, Ragdolls berburu tupai dan serangga.

Sejarah Kucing Ragdoll

Awal mulanya, Kucing asli California ini dibiakkan di Riverside oleh seorang wanita bernama Ann Baker. Ann Baker mengembangbiakkan kucing putih berbulu domestiknya, Josephine, dengan kucing dari ras lain. Yang kemudian membentuk jenis yang diberi nama Ragdoll.

Kepribadian

Bagaimana kepribadian kucing Ragdoll? Yuk simak.

Kucing Ragdoll memiliki kepribadian menyenangkan. Ciri khas yang paling unik adalah bahwa, mereka bisa dipeluk siapa pun yang memegangnya.

Ragdoll juga suka dengan kasih sayang dan perhatian manusia. Kalau kita memilikinya, mereka akan menyapa kita saat kita tiba di rumah. Kemudian akan mengikuti kemana kita pergi.

Saat kita duduk di sofa, bisa jadi mereka akan langsung melompat ke pangkuan kita. Mengharapkan perhatian dari kita.

Namun demikian jangan mengira tidak aktif dan malas, karena mereka pendiam dan santai. Mereka bisa cukup aktif. Mereka sangat cerdas dan suka bermaindan berinteraksi dengan manusia.

Kalau kita melatihnya dengan benar, Ragdoll bisa bermain mengambil bola dan benda lainnya yang kita lempar. Mereka bisa belajar dengan cepat lho.

Meskipun kalem, jangan juga anggap mereka tidak akan protes saat ada yang dirasakan tidak sesuai. Mereka akan bersuara kecil saat kita telat memberi makan. Namun secara keseluruhan, mereka termasuk sopan dan mudah beradaptasi.

Kita akan melihat mereka tidak pernah leih tinggi dari kita. Ragdoll tidak suka ketinggian. Mereka memilih untuk tetap di level yang sama dengan posisi kita.

Masalah Kesehatan Kucing Ragdoll

Sangat perlu memahami bahwa kucing dari keturunan dan ras campuran berpotensi memiliki masalah kesehatan. Biasanya tergantung dari genetika yang mereka miliki.

Penyakit kucing Ragdoll umumnya adalah:

Penyakit Jantung

Kardiomiopati hipertrofik: suatu bentuk penyakit jantung yang umumnya diturunkan pada kucing Ragdoll. Berita baiknya adalah, tes berbasis DNA sudah tersedia. Bisa diidentifikasi apakah kucing kita membawa mutasi yang menyebabkan penyakit ini atau tidak.

Batu kandung kemih

Feline Infectious Peritonitis (FIP): penyakit langka yang khususnya menyerang kucing muda usia kurang dari bawah 2 tahun dan kucing lebih dari 10 tahun.

Ini disebabkan oleh virus peritonitis kucing yang menular yang disebarkan melalui air liur dan kotoran kucing yang terinfeksi. FIP tidak dapat disembuhkan dan hampir selalu berakibat fatal dengan gejala yang relatif tidak nampak.

Perawatan

Pastikan untuk menggosok gigi setiap minggunya. Periksa juga telinga mereka setiap minggu. Ini akan mencegah terjadinya infeksi dan masalah kesehatan yang tidak kita harapkan.

Pastikan kotak tempat tidur mereka tetap bersih, karena mereka sangat pilih-pilih dalam hal kebersihan. Selain itu, mereka juga memiliki beberapa tahapan pertumbuhan yang cepat. Pastikan kotak tempat tidurnya cukup besar untuk tumbuh.

Ragdoll sangat penyayang dan suka dekat dengan orang. Karenanya, penting untuk memberi mereka waktu bersama minimal 15 menit sehari. Kalau kita memiliki hewan peliharaan lain, itu lebih baik. Ragdoll suka bersosialisasi.

Kalau kita memelihara mereka di luar rumah, pastikan kita memiliki tanda yang tepat. Kucing ini adalah kucing idaman yang sering dicuri. Dan kalau dipelihara di dalam rumah, pastikan kita beri cukup ruang untuk berkeliling dan mainan yang cukup untuk membuat mereka sibuk.

Posting Komentar untuk "Kucing Ragdoll yang Ramah Bersahabat"