Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kelebihan Melakukan Printing Label Stiker

  Label sticker kini telah menjadi salah satu atribut utama pada kemasan produk terutama pada printing label roll. Label tidak hanya berfungsi sebagai penanda produk, namun kini telah berkembang menjadi media branding dan iklan yang cukup efektif dalam mendorong penjualan atau pengambilan keputusan dari customer. 

Semakin tingginya permintaan akan label sticker, membuat dunia percetakan label terus mengalami perkembangan teknologi. 

Apa itu flexografi

Flexografi adalah teknik cetak tingkat tinggi dimana proses cetak dilakukan diatas permukaan bahan berbentuk plat cylinder yang berada diantara  Impression Cylinder dan Flexo Plate (Bahan Karet atau polymer). Pada proses cetak flexo umumnya digunakan tinta waterbased. 

Media cetak pada mesin flexo biasa disebut sebagai flexo plate terbuat dari bahan yang lentur seperti karet. Bahan ini biasa juga disebut sebagai photopolymer atau rubber plate. 

Dengan menggunakan flexo plate hasil cetak pada mesin flexo cenderung lebih tajam dan detail bahkan untuk tulisan kecil sekalipun. 

 

Cara kerja mesin flexo

Cara kerja mesin flexo pada dasarnya mirip dengan proses cetak pada stempel. Pada proses awal, flexo plate atau rubber plate akan dibuat sesuai dengan gambar atau tulisan yang diinginkan dengan mode negatif/terbalik. Cetakan desain akan diukir pada permukaan area karet.

 

Proses selanjutnya tinta akan mengalir dari Ink Pan ke Fountain Roller kemudian melewati Anilox Roller dan berakhir di Rubber Plate. Media yang ingin dicetak (seperti sticker) akan diletakan diantara Impression Cylinder dan Plate Cylinder.

Rubber Plate atau Flexo Plate yang terletak dipermukaan Plate Cylinder yang menyerap tinta cetak kemudian akan mengenai permukaan media (Kertas atau Sticker) sehingga terbentuklah cetakan positif sesuai yang diinginkan.

 

Kelebihan cetak label dengan mesin flexo

Kita telah mengetahui prinsip dan cara kerja mesin flexo, lalu apa saja kelebihan dari mesin flexografi untuk percetakan label? Berikut ini beberapa kelebihan yang akan anda dapatkan jika mencetak label dengan mesin flexo 

1. Produktivitas tinggi 

Proses cetak dengan mesin flexo dapat menghasilkan cetakan dalam jumlah yang lebih banyak untuk waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan mesin digital print

2. Hasil cetak yang lebih akurat dan tajam

Proses cetak mesin flexo menggunakan flexo plate yang terbuat dari polymer, desain yang diinginkan akan dipecah warna untuk diukir pada flexo plate. Penggunaan flexo plate membuat hasil cetak flexo bisa sangat tajam untuk detail desain atau tulisan yang kecil. 

3. Biaya proses cetak lebih murah 

Untuk anda yang mencetak label dengan quantity besar (>10.000 pcs) sangat direkomendasikan untuk mencetak dengan mesin flexo dikarenakan biaya per pcs label yang tercetak akan lebih murah dibandingkan dengan digital print.

4. Tinta flexo lebih ramah lingkungan 

Tinta flexo menggunakan jenis waterbased yang aman dan lebih ramah lingkungan dibandingkan dengan oil atau solven based ink.

5. Hasil cetak mesin flexo lebih awet dan tahan lama

Dengan menggunakan tinta UV Waterbase membuat hasil cetak mesin flexo menjadi lebih tahan lama 

6. Bisa digunakan untuk berbagai macam jenis bahan

Mesin flexo dapat digunakan untuk mencetak berbagai macam jenis bahan label dan karton atau kertas.

 

Kekurangan Mesin Flexo

Berikut ini beberapa kekurangan dari mesin flexo dibanding dengan mesin digital print 

1. Kurang efisien untuk quantity rendah

Mesin flexo kurang efisien untuk proses cetak pada quantity sedikit atau rendah dibawah 10.000 pcs. 

2. Butuh satu cylinder untuk tiap warna cetak

Mesin flexo membutuhkan satu silinder untuk satu warna cetak, itu berarti semakin banyak warna yang ingin anda cetak, anda membutuhkan semakin banyak silinder. 

3. Biaya membuat rubber plate yang masih mahal 

Saat ini harga pembuatan rubber plate masih tergolong mahal, namun rubber plate dapat anda gunakan hingga proses cetak ratusan kali. 

 

Macam-macam bahan label

Mesin flexo dapat digunakan untuk mencetak macam-macam jenis bahan label diantaranya :

  • Bahan Vinyl, Vinyl Transparan dan Yupo 

Bahan ini memiliki bahan dasar dari polymer yang tahan terhadap air dan tidak mudah robek. Bahan vinyl memiliki tampilan yang glossy, sementara bahan yupo memiliki tampilan yang doff. Bahan ini cukup mudah untuk dicetak pada mesin flexo, namun sedikit licin pada proses cutting. 

  • Bahan Semicoated, Chromo & HVS

Bahan ini terbuat dari bahan dasar kertas sehingga memiliki sifat yang mudah robek dan tidak tahan terhadap air. Bahan ini biasa digunakan untuk label indoor atau label yang tidak beresiko terkena air. Bahan jenis semicoated dan chromo juga bisa menjadi alternatif untuk label dengan biaya produksi yang ekonomis. 

  • Bahan satin dan nylon

Bahan satin dan nylon tafeta juga bisa dicetak pada mesin flexo, bahan satin memiliki tampilan yang licin dan mengkilap (glossy). Sementara bahan nylon tafeta memiliki tampilan yang doff dengan serat yang lebih kecil. Kedua bahan ini biasa digunakan untuk label pakaian seperti baju, kemeja, kaos, jilbab, jaket dan peralatan tidur seperti bantal, guling, kasur, handuk, dll. 

Itulah kelebihan dari mesin flexoprinting dibandingkan dengan mesin digital print biasa. Untuk anda yang membutuhkan label sticker untuk produk atau bisnis, anda dapat mempercayakan produksi label anda pada Galtys. 

PT Galtys Jayanti Mandiri merupakan pabrik label sticker & barcode terkemuka yang berlokasi di Jalan Bhayangkara 1 No. 35, Serpong Utara, Tangerang Selatan. 

Kami menyediakan berbagai jenis bahan label yang bisa anda gunakan seperti bahan vinyl, vinyl transparan, yupo, semicoated, chromo, HVS dan thermal dengan kualitas berstandar ekspor. Dengan menggunakan mesin flexo berteknologi tinggi, kami memberikan garansi hasil cetak label yang tajam dan awet.

Posting Komentar untuk "Kelebihan Melakukan Printing Label Stiker"