Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Juknis Penyusunan RPP RA Terbaru Tahun 2019

Jangan lupa membaca artikel tentang bisnis di > Informasi bisnis terbaik 2020.

Juknis Penyusunan RPP RA Terbaru Tahun 2019


Dalam kesempatan kali ini kami selaku pengurus situs https://indoint.com/ ini akan membahas dan membagikan file tentang Contoh Juknis Penyusunan RPP RA Terbaru Tahun 2019 yang sebagaimana tersebut akan sangat bermanfaat bagi rekan-rekan yang sedang membutuhkan beberapa file Juknis Penyusunan RPP RA Terbaru Tahun 2019.

Rencana pelaksanaan pembelajaran merupakan rancangan bagi pendidik untuk melaksanakan kegiatan bermain yang memfasilitasi anak dalam proses belajar. Kegiatan tersebut meliputi aktifitas pendidik dalam membangun sikap, pengetahuan, dan keterampilan anak RA. Rencana pelaksanaan pembelajaran dibuat sebelum kegiatan pembelajaran dilaksanakan. 
Rencana pembelajaran harus mengacu kepada karakteristik usia, sosial budaya dan kebutuhan individual anak. Dalam pembelajaran di RA terdapat beberapa konten yang perlu dikuasai anak, antara lain: 
(1). Pendidikan Agama Islam (PAI), 
(2). Matematika, 
(3). Bahasa dan Keaksaraan, 
(4). Sains, 
(5). Seni, 
(6). Sosial, dan 
(7). Teknologi. 

Beberapa hal yang harus diperhatikan dalam menyusun perencanaan pembelajaran RA, antara lain: 

1. Memahami tujuan pembelajaran RA
a. Secara umum yaitu membantu meletakkan dasar ke arah 
perkembangan sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang diperlukan oleh anak untuk dapat menyesuaikan diri dengan lingkungannya, serta membantu pertumbuhan dan perkembangan agar anak memiliki kesiapan dalam memasuki tahapan pendidikan berikutnya. 
2. Secara khusus yaitu membantu membimbing anak dalam mencapai kompetensi sesuai dengan tugas perkembangan anak
3. Memahami Kompetensi Inti sebagai capaian akhir program layanan pendidikan RA yang sesuai dengan Standar Tingkat Pencapaian Perkembangan Anak (STPPA) RA. Kompetensi Inti merupakan unsur pengorganisasian/pengikat Kompetensi Dasar
4. Memahami Kompetensi Dasar sebagai tingkat kemampuan dan capaian hasil pembelajaran yang mengacu pada Kompetensi Inti
5. Memahami bahwa Indikator Pencapaian Perkembangan wajib dirumuskan berdasarkan Kompetensi Dasar. Indikator Pencapaian Perkembangan merupakan rangkaian perkembangan dan belajar anak yang disusun dengan memperhatikan usia. Indikator Pencapaian Perkembangan juga merupakan penanda perkembangan yang spesifik dan terukur untuk memantau atau menilai perkembangan anak. Indikator Pencapaian Perkembangan anak berfungsi untuk memantau perkembangan dan bukan digunakan secara langsung sebagai materi/bahan ajar maupun kegiatan pembelajaran
6. Menetapkan materi pembelajaran berdasarkan pada Kompetensi Dasar
7. Mengembangkan bahan ajar dan memilih sumber belajar serta media pembelajaran termasuk sarana dan prasarana yang merupakan bagian penting untuk menunjang suatu kegiatan belajar dan pembelajaran
8. Memilih pendekatan pembelajaran yang sesuai dengan tujuan  untuk memberikan motivasi serta membimbing anak dalam melaksanakan program pembelajaran secara kreatif, kolaboratif dan mandiri
9. Memilih metode dan model pembelajaran yang tepat agar anak merasa nyaman dan tidak bosan dalam mengikuti kegiatan belajar mengajar
10. Mengatur alokasi waktu belajar agar sesuai dengan waktu yang diperlukan untuk melaksanakan program-program pembelajaran
11. Menentukan evaluasi yang tepat dan sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ditetapkan sehingga memahami kemampuan yang telah dicapai oleh anak. 

B. Fungsi Perencanaan Pembelajaran RA 
Secara umum, perencanaan pembelajaran berfungsi sebagai pedoman atau petunjuk bagi pendidik serta mengarahkan dan membimbing penetapan program pembelajaran dalam pencapaian tujuan. Perencanaan pembelajaran RA berfungsi untuk membantu pendidik dalam: 
1. Mengorganisir pembelajaran, yaitu proses mengelola seluruh aspek yang terkait dengan pembelajaran agar tertata secara sistematis, dan mencapai tujuan yang ditetapkan
2. Memetakan tujuan serta kompetensi pembelajaran yang dikehendaki
3. Mengenal kebutuhan potensi serta faktor pendukung dan penghambat pertumbuhan dan perkembangan anak
4. Merancang program pembelajaran yang menstimulasi anak untuk berpikir kritis, kreatif dan inovatif
5. Menetapkan sarana dan prasarana untuk mendukung kegiatan pembelajaran yang telah ditetapkan
6. Menetapkan evaluasi yang sesuai dengan pencapaian tujuan pembelajaran
7. Mengkomunikasikan proses dan hasil pembelajaran kepada yang berkepentingan. 

C. Prinsip-prinsip Perencanaan Pembelajaran RA 
1. Relevansi, yaitu sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan anak 
secara individu
2. Adaptasi, yaitu memperhatikan dan mengadaptasi perubahan 
psikologi, IPTEK, dan seni. Selain itu pembelajaran juga perlu mengadaptasi pada landasan Al-Quran dan Hadis yang diintegrasikan pada semua aspek perkembangan. Perencanaan pembelajaran juga perlu mengintegrasikan nilai-nilai karakter dalam pembelajaran serta internalisasi pada kegiatan pembiasaan
3. Kontiunitas, yaitu disusun secara berkelanjutan antara satu tahap perkembangan ke tahap perkembangan berikutnya
4. Fleksibilitas, yaitu dikembangkan secara luwes sesuai dengan keunikan dan kebutuhan anak, serta kondisi lembaga
5. Kepraktisan dan akseptabilitas, yaitu memberikan kemudahan bagi praktisi dan masyarakat dalam melaksanakan kegiatan RA
6. Kelayakan, yaitu menunjukkan keberpihakan pada anak usia dini, berorientasi pada kebutuhan anak, termasuk anak berkebutuhan khusus 
7. Akuntabilitas, yaitu dapat dipertanggungjawabkan pada masyarakat luas.

Dan masih banyak Juknis Penyusunan RPP RA Terbaru Tahun 2019 lainnya.

Berikut ini File Juknis Penyusunan RPP RA Terbaru Tahun 2019 yang bisa Guru Download Secara Gratis.

Selengkapnya anda bisa langsung download beberapa file yang sudah kami sediakan di bawah ini :

LINKDWONLOAD :

Juknis Penyusunan RPP RA 2019 ( DI SINI )

Sumber http://www.materipendidikan.net/

Selain sebagai media informasi pendidikan, kami juga berbagi artikel terkait bisnis.

Posting Komentar untuk "Juknis Penyusunan RPP RA Terbaru Tahun 2019"